MINDS FOR THE FUTURE

By HUMAS SDMP 18 Feb 2024, 02:23:32 WIB Sekolah
MINDS FOR THE FUTURE

Sukses Menjadi Orang Tua Dalam Mendidik Anak di Era Teknologi 4.0

Di era digital yang sering disebut sebagoi era Revolusi Industri 4.0, teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari. Ia adalah keniscayaan. Kini, mau tidak mau sebagai orang tua, kita harus merengkuh teknologi, atau mati tenggelam dalam perkembangannya yang begitu cepat dan deras.

Untuk melakukan hal itu tentu dibutuhkan pengetahuan yang luas, serta referensi yang memadai. Di masa saat ini dan masa mendatang, skill literacy yang dibutuhkan anak tak sebatas kemampuan akademis, tetapi juga skill lainnya, terutama yang berkaitan dengan informasi, teknologi, dan media. Selain itu anak juga harus mempunyai learning skill agar bisa bertahan di era digital yong perubahannya sangat cepat.

Buku Minds For The Future ditulis sebagai upaya untuk meningkatkan semua orang tua menjadi siap dengan perubahan. Tidak ada yang abadi, semua pasti bergerak, pasti berubah. Yang ada di planet bumi ini adalah hal-hal fana yang bisa rusak dan hilang pada waktunya. Jika tidak siap dengan hal – hal yang berubah, kita pasti akan menderita. Jadi, selama masih menjadi manusia kita harus sadar bahwa yang pasti dan riil itu adalah perubahan. Oleh karena itu, jika suatu saat kita berubah, lingkungan sekitar kita berubah, orang-orang yang ada di sekitar kita juga berubah maka kita perlu siap dan tidak perlu terhanyut dalam proses alami itu.

Satu hal yang pasti berubah adalah zaman, dan sesuatu yang tidak berubah adalah perubahan itu sendiri. Kita akan selalu hidup dalam sebuah putaran zaman yang terus bergerak. Setiap zaman pasti memiliki dinamikanya sendiri, permasalahannya sendiri, kisahnya sendiri, berbagai titik pentingnya sendiri, dan kita yang sekarang hidup disalah satu zaman yang penuh dengan pergerakan dan perubahan, harus mempersiapkan diri, dan yang paling penting, mempersiapkan anak-anak lainnya dan tidak tersingkir dari arena.

Untuk mempersiapkan itu semua, kita perlu mengbah mindset  atau cara pandang kita terlebih dahulu. Setelah cara pandang berubah, barulah kita berpikir tentang strategi menghadapi perubahan, serta tindakan-tindakan rill yang bisa dilakukan agar kita, termasuk anak-anak kita tidak terguncang akibat perubahan yang terjadi.

Beberapa perubahan mindset yang harus kita terapkan adalah sebagai berikut :

1. Think positive

2. Fokus

3. Kerja keras

4. Konsisten dan Sabar

5. Komitmen 

6. Pantang menyerah

Setelah tahu mindset semacam apa yang dibutuhkan agar bisa survive dalam arus perubahan zaman sekarang ini, berikut adalah tips dan trik yang bisa diikuti sebagai berikut :

1. Adaptasi

2. Menerima perubahan

3. Membuka pikiran

4. Kemauan belajar

5. Menetapkan tujuan dan prinsip

Masih banyak bab-bab lain yang ada dibuku ini yang tak kalah menarik, dan akan menggugah serta meningkatkan minat baca kita sebagai para orang tua lama maupun orang tua milenial. Buku ini juga memiliki daya tarik tersendiri, agar menambah wawasan dan pengetahuan baru tentang cara mendidik anak di era teknologi 4.0.

Inilah mengapa buku ini dihadirkan, agar semua orang tua yang pernah menjadi bagian dari generasi lama, atau orang tua milenial yang benar-benar menjadi bagian dari generasi sekarang, mendapatkan referensi dan cara yang tepat untuk bisa bertahan dalam mendidik anak, tentunya dalam persaingan yang tak berbatas. Jadi, selamat membaca dan selamat merengkuh teknologi dalam kehidupan keseharian kita.

~Lets Today Be the  Start of Something New~

Pembuat Sinopsis : Febry Uswatun Kasanah

Judul : Minds for The Future (Sukses menjadi Orang Tua dalam Mendidik Anak di Era Teknologi 4.0)

Penulis : Diana Tara

Tahun  Terbit : 2020

Penerbit : Briliant

Jumlah Halaman : 164 hal

ISBN : 978-602-5861-67-3