Membuat Batik Ecoprint

By HUMAS SDMP 13 Okt 2022, 13:17:28 WIB Sekolah
Membuat Batik Ecoprint

Membuat Batik Ecoprint

Profil pelajar Pancasila merupakan gambaran pelajar Indonesia sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku. Kegiatan P5 ini merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk memperkuat berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila. 

Untuk itu SD Muhammadiyah Palur, khususnya kelas 4 di semester satu akan membuat projek dalam mapel seni Rupa yaitu membuat batik Ecoprint

Sebelum melaksanakan proyek besar, tantunya kami membutuhkan pratek latihan terlebih dahulu. Agar hasil yg dicapai sesuai harapan. 

Seperti namanya batik Ecoprint  ini merupakan salah satu jenis batik yang metode pembuatannya memanfaatkan pewarna alami dari warna daun dan bunga yg masih segar, dengan teknik Nutuki (dipukul- pukul) menggunakan palu di lembar kain putih beralaskan plastik bening. 
Ini juga melatih anak-anak dalam menata hati, emosi dan kesabaran. Nutuki daun dan bunga itu bukan perkara mudah, harus ada tekniknya. Apabila salah dalam pengerjaannya, tentu hasilnya kurang memuaskan. 

Keunikan dari batik Ecoprint, didapat dari hasil kreativitas masing-masing siswa. Kreativitas perlu diasah dengan kesungguhan, kesabaran dan ketelatenan. (Asih).