RECONNECT WITH QURAN

By HUMAS SDMP 24 Okt 2023, 08:50:01 WIB Sekolah
RECONNECT WITH QURAN

Betapa banyak kaum muslim yang ketika membaca Al-Qur’an mereka tidak merasakan getar-getar kemukjizatan bahkan lantunan ayat suci yang biasa kita baca atau kita dengarkan seperti berlalu di ruang hampa tanpa bekas getar-getar dalam jiwa. Getar-getar itulah yang membuat kaum musyrik Quraisy berdesak-desakan mencuri dengar lantunan Al-Qur’an yang dibacakan oleh Abu Bakas Ash-Shiddiq bahkan para jin berkerumun mendengarkannya demikian pula para malaikat.

Buku Reconnect with Qur’an ini adalah buah karya seorang ulama berkebangsaan Arab Saudi, bernama Dr. Ibrahim bin Umar As-Sakran, beliau menulis buku ini dari gagasan-gagasan dan kegelisahan-kegelisahan seputar kenyataan Al-Qur’an dalam kehidupan dan pengaruhnya secara konkret maupun abstrak yang dapat dirasakan oleh semua makhluk.

Topik-topik yang dibahas dalam buku ini mencakup pengaruh ajaib Al-Qur’an, perenungan kisah orang-orang yang terpesona dengan Al-Qur’an, bagaimana keadaan hati yang terlanjur membatu, keadaan orang-orang tersesat, beberapa tempat tadabur dalam Al-Qur’an, suara malam-malam pada bulan Ramadhan, semua manhaj dalam Al-Qur’an dan tali pengikat dalam kitab Allah.

Selain topik diatas, buku ini juga membahas bagaimana cara agar manusia dapat mengambil manfaat dari Al-Qu’an diantaranya dengan menadaburi kisah-kisah para nabi, kisah-kisah para tagut dan kisah-kisah orang sholeh dalam Al-Qur’an serta berusaha memahami dan menyimpulkan risalah yang terkandung di dalamnya. Dan pada halaman terakhir buku ini ditutup dengan doa indah sebagai berikut :

“Ya Allah, jadikanlah kami sebagai Ahlul Qu’an. Ya Allah, jadikanlah Al-Qur’an sebagai kesenangan kami di malam dan di siang hari. Ya Allah, jadikanlah surah Al-Mulk sebagai penolong kami dalam kuburan kami. Ya Allah jadikanlah surah Al-Baqoroh dan Ali-Imran sebagai Cahaya bagi kami yang akan behujah untuk kami besok di hari kiamat. Ya Allah, cintailah kami karena kecintaan kami terhadap surah Al-Ikhlas”

Pembuat Sinopsis = Rohati, S.Sos

Judul Buku = Reconnect with Qur’an

Penulis = Syaikh Ibrahim As-Sakran

Penerjemah = Abdurrahman Azzam

Penerbit = Aqwam

Tahun Terbit = 2021

Cetakan ke = 1

Jumlah Halaman = 184 halaman