Tingkatkan Keterampilan, Siswa Pelajari Teknik Saringan Air Sederhana

By HUMAS SDMP 30 Mei 2023, 09:53:02 WIB Sekolah
Tingkatkan Keterampilan, Siswa Pelajari Teknik Saringan Air Sederhana

SUKOHARJO - Guna meningkatkan keterampilan dalam hal ketersediaan air bersih, Ekskul Hizbul Wathan (HW) Kelas 3-5 SD Muhammadiyah Palur mempelajari teknik penyaringan air sederhana, Jum'at (26/05/23) di lapangan sekolah.

Menurut guru pemandu Tantri Nur Solehah, S.Pd, kegiatan tersebut untuk melatih kepedulian siswa dan meningkatkan keterampilan, khususnya berhubungan dengan ketersediaan air bersih di lingkungannya serta memenuhi standar kompetensi pada mapel prakarya.

Tantri menjelaskan, pada beberapa kondisi kadang terpaksa menggunakan air kotor karena tidak tersedianya air bersih dan penyaringan air pun menjadi sangat penting agar kebutuhan air bersih bisa terpenuhi.

“Oleh karena itu siswa dibekali pengetahuan dan keterampilan teknik atau desain penyaringan air secara sederhana,” jelasnya.

Selanjutnya Tantri memaparkan bahan yang dijadikan alat dan media penyaring mudah ditemukan di lingkungan sekitar seperti botol plastik, air kotor, kapas, gunting, arang, kerikil, batu dan pasir. “Metode untuk menyaring air kotor dapat menggunakan satu atau lebih media untuk menghilangkan kandungan atau kontaminan berbahaya dalam air,” ujarnya.

Dikegiatan tersebut, guru mempresentasekan cara penyaringan menggunakan berbagai media kemudian secara berkelompok siswa mempraktekkannya, Sedangkan siswa lain di setiap kelompok mengamati dan mencatat hasil praktek lalu melaporkan kepada guru.

Siswa terlihat bersemangat dan antusias mengikuti jalannya praktek. Muhammad Dimas Satria, salah satu siswa kelas III B mengungkapkan rasa senangnya setelah mempelajari praktik penyaringan air sederhana.

“Setelah mengikuti pembelajaran ini saya memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang teknik penyaringan air kotor menjadi air bersih, suatu saat nanti pasti akan bermanfaat,” katanya.

Kontributor, Choerul Anam