Catatan Harian Mukmin Sejati

By HUMAS SDMP 11 Mei 2023, 09:29:41 WIB Sekolah
Catatan Harian Mukmin Sejati

Sinopsis Buku Catatan Harian Mukmin Sejati

Abdul Ilah bin Sulaiman Ath-Thayyar Penerbit Daar An-Naba’

Roda kehidupan berputar menurut alur waktu yang telah ditetapkan oleh Allah. Setiap hari semua orang bergerak menuju ajal, melanjutkan perjalanan hidup banyak hikmah yang bisa kita petik dari perjalanan hidup. Hidup pasti penuh dengan tantangan, seiring dengan dunia yang merupakan tempat ujian dan cobaan. Tidak ada seseorangpun yang lepas dari tantangan hanya Allah tempat kita menaruh harapan atas apa yang terjadi.

Seseorang hamba kalau tidak melangkah maju, ia pasti bergerak mundur. Tidak ada kata berhenti di tengah jalan. Jika tidak maju, ia pasti mundur. Seseorang hamba senantiasa berjalan, tidak berhenti itulah detik-detik kehidupan yang berlalu dengan cepat menuju Jannah. Ada yang melaju cepat dan ada pula yang bergerak lamban. Hanya saja dalam perjalanan ini ada yang berbeda arah tujuan.

Buku ini menuntun untuk menjalani hidup sebagai mukmin sejati, mukmin yang paling sempurna imanya adalah yang paling baik akhlaknya ada lima pokok yang melandasinya yaitu:

  1. Kejujuran

Hakikat kejujuran ialah meraih sesuatu dengan sempurna ada pada niat, ucapan, dan amalan. Telah jelas bagimu pentingnya kejujuran dalam sabda Nabi

“Sesungguhnya kejujuran akan menuntun kepada kebaikan, dan kebaikan akan menuntun ke Jannah”.

  1. Sabar

Iman ada dua bagian sebagian sabar dan sebagian syukur. Seperti yang disebutkan dalam firman Allah “Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi setiap orang penyabar dan banyak bersyukur.” (QS. Ibrahim: 5)

  1. Kasih Sayang

Kasih sayang merupakan perasaan yang hidup, membawa perasaan cinta kepada orang lain, mengasihi dan menyayangi kepada mereka.

Barang siapa yang tidak menyayangi tidak akan disayangi, barang siapa tidak menyayangi manusia niscaya ia tidak disayangi Allah”.

  1. Tawaadhu’

Tawaadhu adalah akhlak yang dengannya ia dapat memperoleh keridhaan dan kecintaan orang-orang yang mulia.

  1. Kelembutan

Nabi menganjurkan agar seseorang bersikap lemah lembut dalam menghadapi seluruh urusannya, lembut dengan keluarga, saudara, teman, dan seluruh manusia.

“Sesungguhnya Allah Maha Lembut dan menyukai kelembutan serta memberi karena kelembutan apa-apa yang tidak diberi dengan kekerasan. Dan apa-apa yang tidak diberi dengan selain kelembutan”. (HR.Muslim: 2593)

Demikian sinopsis yang kami buat semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan. Kami mohon maaf apabila ada kesalahan ejaan dalam penulisan kata dan kalimat yang jelas, dimengerti, dan lugas.

 

Pembuat sinopsis         : Pipit Dwi Suryani, S.Pd

Judul Buku                  : Catatan Harian Mukmin Sejati

Penulis/pengarang       : Abdul Ilah bin Sulaiman Ath-Thayyar

Penerbit                       : Daar An-Naba’

Jumlah Halaman          : 188 Halaman